Pencuri Hp Berhasil di Amankan Polres Sibolga - Layar News

Pencuri Hp Berhasil di Amankan Polres Sibolga

Share This

Kerengan Poto :  Seorang Pemuda saat diamankan di Polres Sibolga 


Sibolga – Aksi pencurian di rumah duka terjadi di Kota Sibolga, Sumatera Utara (Sumut). Peristiwa itu terjadi di Jalan Sibolga-Tarutung, Kelurahan Huta Barangan, Kecamatan Sibolga Utara pada Minggu, 4 Oktober 2020 lalu.

Tiga unit Handphone (HP/Ponsel) Android dari beberapa merk dan tipe milik satu keluarga berhasil digondol pencuri dari rumah duka itu. Pencurinya kemudian diketahui seorang pengemudi beca bermotor (Pebetor) berinisial JPPM alias J alias M, 33, warga dusun V Golkar, Kelurahan Mela I, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng).

“JPPM ini berhasil diamankan pada Kamis, 14 1Januari 2021 malam sekira pukul 22.00 WIB di rumahnya di Mela,” kata Kapolres Sibolga, AKBP Triyadi melalui Kasubbag Humas, Iptu R Sormin, Selasa (19/1).

Ketika dilakukan penangkapan, dari tangan JPMM Polisi berhasil menemukan kembali ketiga unit HP tersebut. Ketiganya masih utuh dan selama ini dipergunakan JPMM untuk melepas hasratnya.

Ketiga unit HP itu sendiri merupakan milik korban Ronald Richard Haposan Sibuea, 49, seorang Aparatur Sipil Negara (ASN)/Pegawai Negeri Sipil (PNS), tinggal di Desa Suka Ramai, Kelurahan Pinang Sori, Tapteng, beserta milik istri dan anaknya. Ronald sendiri datang melapor ke Polres Sibolga pada Rabu 7 Oktober 2020 sore sekira pukul 18.10 WIB.

“Aksi pencurian yang dilakukan oleh JPMM ini dilakukannya pada Minggu, 4 Oktober 2020 dini hari selepas dia minum dari sebuah warung yang tidak jauh dari lokasi kemalangan atau rumah duka pada Sabtu, 3 Oktober 2020 malam. Pencurian itu dilakukannya seorang diri,” tutur Sormin.

Selepas minum dari warung itu, JPMM pada saat itu berniat pulang ke rumahnya di Mela. Saat melintas dari lokasi kemalangan, dia (JPMM) melihat pintu rumah duka terbuka. Kemudian dia berjalan menuju rumah duka dan melihat ada orang yang tidur di dekat jenajah serta 1 unit HP di atas bufet (Lemari tempat menyimpan makanan atau barang-barang pajangan/hiasan).

“Kemudian APMM berjalan dan mengambil HP dari bufet tersebut dan tidak jauh dari tempat itu juga dia melihat 2 unit HP lainnya dan mengambilnya. Dia lalu pulang ke rumahnya di Mela,” beber Sormin.

APMM yang sudah pernah menjalani hukuman sebanyak 2 kali dengan kasus yang sama ini, yakni pencurian dan sudah pernah berumah tangga dengan 1 orang anak ini kini ditahan di Ruang Tahanan Polisi (RTP) Polres Sibolga. Dia diduga telah melakukan tindak pidana pencurian sebagaimana dimaksud dalam pasal 363 ayat (1) ke 3e subsider pasal 362 dari KUHPidana.

“APMM, terduga pelaku pencurian ini diancam hukuman di atas 5 tahun,” pungkas Sormin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages