Perusuh Pilkada Sibolga Siap-Siap Hadapi TNI/Polri - Layar News

Perusuh Pilkada Sibolga Siap-Siap Hadapi TNI/Polri

Share This

 


SIBOLGA – TNI/Polri di Sibolga, Sumatera Utara (Sumut) memberikan peringatan keras kepada pihak-pihak yang berniat ingin membuat kekacauan atau kerusuhan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sibolga 2020.

“Jangan sekali-kali mengganggu kondusifitas Pilkada di daerah ini (Sibolga). Kami, TNI/Polri, berkomitmen mengamankan penuh jalannya perhelatan Pilkada. Prinsipnya, tidak ada kerusuhan Pilkada di Kota Sibolga” tegas Kapolres Sibolga, AKBP Triyadi, dalam sambutannya di acara Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga di Lapangan Simare-mare Sibolga, Sabtu (21/11).

Dia menyebutkan, pengamanan Pilkada Sibolga juga didukung oleh Komando Resort Militer (Korem) 023/Kawal Samudera (KS), Komando Daerah Militer (Kodam) I/Bukit Barisan (BB) dan Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut). Selain dilaksanakan langsung oleh Kepolisian Resort (Polres) Sibolga dan Komando Distrik Militer (Kodim) 0211/Tapanuli Tengah (TT).

“Kami juga perlu mengingatkan masyarakat dan seluruh stakeholder di Kota Sibolga untuk tidak meragukan sikap netral TNI/Polri pada Pilkada Sibolga 2020. Komitmen saya dan Bapak Komandan Distrik Militer (Dandim) 0211/Tapanuli Tengah (TT), Dadang Alex, bahwa kami netral se netral-netralnya,” ucapnya.

Netralitas TNI dan Polri sesuai Undang-Undang (UU) dan Peraturan yang berlaku. Netralitas Polri tertuang dalam pasal 28 UU Nomor 2 Tahun 2020, sementara TNI tertuang dalam UU Nomor 34 Tahun 2004.

“Dengan begitu, kalau ada masalah kami bisa langsung sikat,” imbuh Triyadi.

Triyadi selanjutnya mengajak seluruh Petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk menjalankan tugas dengan jujur, adil dan netral.

“PPK dan PPS jangan takut. Kami (TNI–Polri) di depan anda,” pungkas Triyadi mengakhiri.

Acara Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga itu selain dihadiri PPK dan PPS, juga dihadiri langsung penyelenggara Pilkada di Kota Sibolga, seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), serta dari elemen masyarakat dan Pemerintah Kota (Pemkot) Sibolga. (ril)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages