Disperindag Sibolga Lakukan Inspeksi mendadak (Sidak) Pasar Modern dan Swalayan - Layar News

Disperindag Sibolga Lakukan Inspeksi mendadak (Sidak) Pasar Modern dan Swalayan

Share This


Dinas Perindag Kota Sibolga saat melakukan pengecekan di Swalayan Nauli Sibolga 

Sibolga -  Disperindag dan Dinas Ketahanan Pangan Kota Sibolga melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke pasar modern dan Swalayan Nauli, Selasa (10 /06/2020) pagi.


Saat Mencek Produk Barang

Kepala Disperindag Kota Agung Mariana ST mengatakan, melalui Sidak ini, pihaknya melakukan pengecekan terhadap bahan pokok makanan dengan beberap tahapandi berbagai Swalayan yang ada di Kota Sibolga.

Dirinya mengungkapkan, bahwa dari penelusuran pihaknya personil Disperindag  ke beberapa toko, swalayan hingga pasar tradisional. Tidak ditemukan barang bahan pokok makanan yang sudah terbilang tidak layak dijual. Baik karena masa kadaluarsanya yang sudah dekat, maupun karena kemasannya yang rusak.

" dan lebaran tempo hari yang lalu kami juga tidak temukan, kita berusaha dan menjamin kesehatan masyarakat, dengan cara memastikan makanan yang beredar di pasar sudah terjamin keamanannya," ujar dia.

Sementara itu, sekretaris Disperindag menyampaikan berharap, agar masyarakat tetap bijak dalam berbelanja, terutama membeli produk makanan yang akan disajikan untuk keluarga.

"Kami juga memberikan beberapa langkah, agar masyarakat bisa memilih barang yang baik. Yaitu dengan cek terlebih dahulu terhadap barang makanan tersebut," jelasnya.

Yaitu, dengan cara, kata dia, seperti melihat jadwal kadaluarsanya, kemudian cek label yang tertera pada kemasan, selanjutnya cek informasi tentang bahan-bahan yang terkandung di dalam produk, serta cek kemasan produk apakah masih baik atau tidak.

"Lihat apakah kemasannya masih bagus atau sudah rusak, seperti penyok, sobek, dan semacamnya. Kalau seperti itu sebaiknya jangan dibeli, karena dari kemasan yang rusak bisa saja di dalamnya sudah terkontaminasi dan mengandung bakteri," ungkapnya.

Selain itu, ia meminta kepada para pedagang, jika ada barang makanan yang rusak maupun yang sudah berkadaluarsa agar segera menarik barang makanan tersebut. "kita juga mengimbau kepada masyarakat, untuk tetap waspada dalam berbelanja agar kesehatan kita tetap terjaga," imbaunya.(st)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages