RSUD HAMS Kisaran Sebagai Rumah Sakit Untuk Penanganan Covid -19 - Layar News

RSUD HAMS Kisaran Sebagai Rumah Sakit Untuk Penanganan Covid -19

Share This


ASAHAN – Jubir Tim Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Asahan menyampaikan intruksi Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi kepada awak media, Minggu (12/04/2020).
Menyampaikan, bahwa sahnya Rumah Sakit Umum Daerah Haji Abdul Manan Simatupang (RSUD HAMS) Kisaran akan menjadi Rumah Sakit Umum (RSU) pemberi rujukan dalam penanganan Covid -19.
” Bukan berarti sebagai RSUD Hams sebagai rumah sakit penyembuhan akan tetapi pemberi rekomendasi rujukan rumah sakit lanjutan”, ujarnya.
Dirinya menambahkan,  jika diduga para status pasien berstatus ODP dan PDP Covid 19 dari 5 (lima) Kabupaten tersebut, tetap harus menjalani pemeriksaan kesehatan dan akan direkomendasikan rujukannya dari petugas medis RSUD Hams Kisaran untuk selanjutnya di rujuk kerumah sakit berikutnya.
” Nantinya akan diputuskan dari hasil pemeriksaan tim medis RSUD Hams Kisaran apakah seorang pasien tersebut perlu atau tidak perlunya untuk dirujuk ke rumah sakit lanjutan”, tuturnya.
Dirinya menjelaskan, Apabila dari hasil pemeriksaan kepada pasien ternyata tidak perlu di rujuk. Maka pasien akan dikarantinakan didalam ruang isolasi di RSUD Hams Kisaran atau Karantina Mandiri, karena sesua dengan SOP penanganan pencegahan Covid 19, untuk dinyatakan seorang pasien yang diduga terjangkit Covid 19 positif atau negatif bukan kewenangan dari RSUD Hams Kisaran.
” Rencananya dalam menyikapi keputusan Gubsu tersebut, Pemerintah Daerah Kabupaten Asahan akan menyiapkan 20 Ruang isolasi karena saat ini RSUD Hams Kisaran hanya memiliki 12 ruang isolasi bagi pasien ODP dan PDP”, jelasnya.
Dirinya menambahkan, Adapun ke lima Wilayah Kabupaten tersebut yaitu Kabupaten Labuhan Batu, Kabupaten Labuhan Batu Selatan, Kabupaten Labuhan Batu Utara, Kabupaten Batubara, Kota Madya Tanjung Balai.
” Kita mengajukan kepada Gubsu dalam Gugus Tugas Covid 19 diKabupaten Asahan, sejumlah kebutuhan yang diperlukan dalam penanggulangan Covid 19″, paparnya. (ril)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages