Jelang Natal, Pemko Sibolga Resmikan Pasar Murah - Layar News

Jelang Natal, Pemko Sibolga Resmikan Pasar Murah

Share This


SIBOLGA- Menjelang perayaan Natal 25 Desember 2019 dan Tahun Baru 1 Januari 2020, pemerintah kota (Pemko) Sibolga secara resmi membuka pasar murah, Jum'at (20/12/2019).

Wali Kota Sibolga, M. Syarfi Hutauruk melalui Wakilnya, Edy Polo Sitanggang, dalam sambutannya menyampaikan, penyelenggaraan pasar murah merupakan wujud kepedulian pemerintah kota Sibolga bagi masyarakat yang kurang mampu, khususnya untuk masyarakat yang akan merayakan hari raya Natal tahun 2019 serta Tahun Baru 1 Januari 2020.

"Kegiatan pasar murah ini adalah salah satu program pemerintah kota Sibolga untuk membantu masyarakat memperoleh produk-produk ataupun yang diperlukan dan sangat dibutuhkan dalam menyambut hari raya Natal dan Tahun baru," ucap Edy Polo Sitanggang.

Dikatakan Edy Polo, pencanangan dan kegiatan pasar murah ini juga merupakan upaya pemerintah kota Sibolga untuk mengantisipasi harga kebutuhan pokok, agar tidak terjadi laju inflasi yang mengakibatkan perekonomian di Kota Sibolga semakin lemah.

Edy Polo menyebut, kegiatan pasar murah akan dilaksanakan di sembilan titik dan tersebar di empat kelurahan, kecamatan di kota Sibolga.

"Adapun produk komoditi yang disediakan antara lain, gula pasir, minyak goreng, tepung terigu, susu kental manis, mentega dan sirup," sebut Edy Polo Sitanggang.

Masing-masing harga komoditi tersebut, kata Edy Polo, telah di subsidi sesuai dengan kemampuan keuangan pemerintah kota Sibolga, sehingga harga menjadi relatif lebih murah dari harga pasar.

Selain itu, Edy Polo mengimbau masyarakat,  khususnya distributor ataupun pedagang agar tidak melakukan penimbunan barang atau menaikkan harga barang kebutuhan pokok, yang mengakibatkan konsumen (masyarakat) kesulitan dalam memproleh barang yg dibutuhkan.

"Kepada saudara yang bertugas dalam pelaksanaan kegiatan pasar murah ini, saya meminta agar memberikan pelayan yang sebaik-baiknya kepada masyarakat. Sebagai perwujudan visi dan misi pemerintah kota Sibolga, yaitu mewujudkan masyarakat Sibolga yang maju, sejahtera dan berdaya saing," tutupnya.

Sementara, Panita Pelaksana acara, Dinas Perindustrian dan Perdagangan kota Sibolga melalui Kabid Perdagangan, Sahban Tambunan, membacakan Laporan pelaksanaan pasar murah pemerintah kota Sibolga tahun 2019, antara lain :

A. Dasar pelaksanaan
1. Peraturan Daerah kota Sibolga nomor 37 tahun 2018, tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah kota Sibolga tahun 2019
2. Peraturan Wali Kota Sibolga nomor 5 Tahun 2019 tentang penjabaran pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah kota Sibolga tahun 2019

B. Manfaat
Adapun manfaat kegiatan pelaksanaan pasar murah yang diadakan pemerintah kota Sibolga antara lain :
1. Untuk menstabilkan harga-harga bahan pokok dipasaran, khususnya bahan pokok yang banyak dibutuhkan masyarakat menjelang perayaan Natal Tahun 2019 dan Tahun Baru 1 Januari 2020
2. Agar masyarakat yang kurang mampu dapat memenuhi kebutuhan pokoknya dengan barang-barang yang berkualitas dan harga yang terjangkau
3. Terciptanya suasana yang kondusif selama hari raya Natal tahun 2019 dan Tahun Baru 1 Januari 2020

C. Sasaran
Adapun sasaran dari pelaksanaan pasar murah pemerintah kota Sibolga adalah masyarakat yang ekonominya kurang mampu yang tersebar di empat kecamatan di kota Sibolga, antara lain :
Kecamatan Sibolga Utara sebanyak 2252 paket, Kecamatan Sibolga Kota sebanyak 730 paket, Kecamatan Sibolga Sambas sebanyak 1047 paket, dan Kecamatan Sibolga Selatan sebanyak 1526 paket. Sehingga total dari keselurahan paket yang akan didistribusikan sebanyak 5555 paket.

Selain itu, bahan pokok yang disediakan dalam kegiatan pasar murah ini antara lain,
1. Gula pasir yang harga dipasaran saat ini sebesar Rp 12.500, harga dipasar murah menjadi Rp 9.500
2. Minyak Bimoli Spesial, harga dipasaran sebesar Rp 14.000, harga di pasar murah sebesar Rp 11.000
3. Tepung Terigu Segitiga Biru, harga dipasaran sebesar Rp 11.000, harga di pasar murah Rp 8.000
4. Susu Kental Manis Cap Bendera, harga di pasaran sebesar Rp 11.000, harga di pasar murah sebesar Rp 8.000
5. Mentega, harga di pasaran sebesar Rp 7.000, harga di pasar murah Rp 4.000
6. Sirup Kurnia, harga di pasaran Rp 18.500, harga di pasar murah sebesar Rp 15.500

Pada acara tersebut terlihat hadir Wali Kota yang diwakili Edy Polo Sitanggang, Sekda Kota Sibolga, Plt Kadis Perindag, Ketua Tim Penggerak PKK kota Sibolga, serta Unsur Forkopimda kota Sibolga. (SP)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages