Awak Media Sepakat Kecam Pernyataan Gubsu Soal Tapteng - Layar News

Awak Media Sepakat Kecam Pernyataan Gubsu Soal Tapteng

Share This

Sibolga - Sejumlah awak media di Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) mengecam pernyataan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi, yang menyebut masyarakat Tapteng umumnya di bawah garis kemiskinan.

Seperti dimuat oleh Detik News edisi Selasa (17/12/2019), Gubsu Edy mengatakan "Waktu saya mau jadi gubernur, dibawa saya sama relawan ke Tapanuli Tengah. Begitu saya masuk ke sana, orang miskin semua. Nggak jadi saya kampanye," kata Edy di Aula Raja Inal Siregar kantor Gubernur, Jl Pangeran Diponegoro, Medan.

Kecaman para awak media tersebut, diutarakan usai sepakat menilai pernyataan Gubsu terkesan merendahkan martabat masyarakat Tapteng ke khalayak ramai melalui publikasi media.

Masyarakat Tapteng, Ali Akbar Zega mengatakan, pernyataan Gubsu dalam mengkritik kecintaan Bupati kepada rakyat diukur dari tingkat kemiskinan dianggap sebuah sentimen.

"Saya ambil contoh misalnya, ada daerah di Sumut yang jauh lebih miskin masyarakatnya namun tidak dapat komentar sama dari Pak Gubernur. Alhasil, saya memandang bahwa pernyataan Gubernur adalah sebuah sentimen, karena tidak adanya pemerataan komentar terhadap daerah miskin," ujar Ali Akbar Zega.

Ali menambahkan, seharusnya, Pemprov Sumut mengkucurkan anggaran yang sesuai untuk membantu Pemkab Tapteng mengatasi kemiskinan tersebut.

"Bukankah Tapteng bagian dari Sumatera Utara juga?," pungkas Ali.

Ali juga menegaskan, bahwa pernyataan Gubernur Sumut adalah sebuah bentuk konfimarsi kegagalannya sebagai pemimpin di Tapteng, sebab tidak mampu menjadi leader yang baik.

"Saran saya, Pak Gubernur mengkritik Bupati Tapteng dengan alasan yang jelas dan tegas, serta harus memiliki data yang akurat," tutupnya.

Sementara, seorang Tokoh Pemuda Sibolga-Tapteng, Abdul Jalil menilai, pernyataan Gubsu tersebut nantinya bisa menjadi citra buruk bagi masyarakat Tapteng.

"Meski orang Tapteng yang punya duit banyak pergi ke Medan, kan tetap saja nanti orang Medan menilai bahwa dia itu miskin, karena pernyataan Gubsu itu," cetus Abdul Jalil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages