Rapat Persiapan Sibolga dan Tapteng Sebagai Tuan Rumah Latma Pasific Partnership 2020 Digelar - Layar News

Rapat Persiapan Sibolga dan Tapteng Sebagai Tuan Rumah Latma Pasific Partnership 2020 Digelar

Share This
Dinas Kominfo Kota Sibolga | SIBOLGA - Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang, S.Pi, membuka secara resmi Rapat Koordinasi dan Sosialisasi persiapan pelaksanaan Latihan Bersama (Latma) Pasific Partnership 2020, yang akan digelar Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) pada tanggal 4-12 Agustus tahun 2020. Rapat ini dilaksanakan di Aula Nusantara I Kantor Wali Kota Sibolga, pada Kamis (26/09/19) pagi. 

Waki Wali Kota pada sambutan Wali Kota yang dibacakannya menyampaikan, "Pemko Sibolga menyambut baik kegiatan Latma Pacific Partnership 2020 yang akan dilaksanakan di kota Sibolga. Kami siap mendukung pelaksanaan Latma ini. Untuk itu kami berharap pertemuan ini akan memberikan pencerahan kepada kita semua, dalam mensukseskan pelaksanaan Latma Pasific Partnership 2020." Terang Wakil Wali Kota.  

Kepala Unit Kerja Sama Bakti Kesehatan Pusat Kesehatan TNI Kolonel Laut (K) dr. R.M Tjahja Nurrobi, M.Kes yang hadir dalam rapat ini menyampaikan, Latma Pacific Partnership merupakan salah satu perwujudan kerjasama antara TNI dengan Angkatan Bersenjata Amerika Serikat, dalam kerangka United States Indonesia Bilateral Defence Discussion (USIBDD) di bidang penanggulangan bencana, fokusnya pada kegiatan operasi bantuan kemanusiaan khususnya kesehatan. Latma bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesiapsiagaan pemerintah daerah serta masyarakat dalam mengurangi (mitigasi) dampak bencana. Termasuk di dalamnya bencana alam dan bencana biologi (virus, bakteri dan lainnya), baik secara mandiri maupun secara bersama dengan negara-negara sahabat.

Agenda kegiatan Latma yang akan digelar antara lain, festival, bakti sosial, bakti kesehatan atau pelayanan kesehatan masyarakat, seminar terkait tanggap bencana, simulasi lapangan jika terjadi bencana, serta pembangunan fasilitas seperti ruang aula di Puskesmas, Kelas, dan Mandi Cuci Kakus. Kegiatan ini melibatkan militer AS, TNI/POLRI, pemerintah daerah hingga masyarakat.

Adapun faktor yang menyebabkan kota Sibolga menjadi tuan rumah pada event Latma Pacific Partnership, dikarenakan kota Sibolga berada pada ring (jalur) bencana lempengan Asia Pasifik, maka dari itu kota Sibolga perlu diberikan pengetahuan untuk mengantisipasi bencana-bencana yang potensional terjadi. 

Turut hadir dalam rapat koordinasi ini, Danlanal Sibolga Letkol Laut (p) Betrawarman, Perwakilan Korem 023/KS, Perwakilan Kodim 0211/TT, Perwakilan Pemkab Tapanuli Tengah, Perwakilan Kapolres Sibolga, Asisten I, para Pimpinan OPD, Camat dan Lurah se-kota Sibolga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...

Pages