Kadis Pariwisata Sibolga Dukung Aksi WCD - Layar News

Kadis Pariwisata Sibolga Dukung Aksi WCD

Share This

Kadis Pariwisata Sibolga Dukung Aksi WCD


Sibolga -Kepala Dinas Pariwisata Kota Sibolga, Yahya Hutabarat mendukung aksi World Cleanup Day (WCD) yang akan berlangsung 21 September akhir pekan ini.


Dukungan disampaikan saat bertemu Coreteam WCD Sibolga di satu WBC Coffe, jalan Suprapto, Kota Sibolga, Senin (16/9/2019) malam.


"Kita sangat mendukung aksi-aksi begini, aksi begini malah harus jadi gerakan dan menular ke banyak orang," kata Yahya.


Menurut dia, aksi-aksi bersih sangat beririsan dengan kepentingan kepariwisataan. Bahkan dia mengaku, secara visioner, semangat bersih harus sampai ke sektor hulu dan tidak saja menyasar sektor hilir.


"Kutip sampah ini kan hilir, kalau boleh, aksi-aksi begini jangan berhenti, jangan hanya menyentuh sektor hilir tapi juga hulu, yakni pencegahan, dan ini tentu berangkat dari kesadaran," katanya.


Yahya menambahkan, dirinya mengaku rindu dengan kondisi kota yang bersih dan pernah menghadirkan Piagam Adipura di kota Sibolga.


"Kita rindu meraih kembali Adipura, dan ini tak boleh kerja sendiri, misalnya cuma pemerintah sendiri, harus bekerjasama dengan banyak elemen, banyak komunitas dan kelompok hingga perorangan," katanya.


Selama ini, lanjut dia, upaya pihaknya untuk mendorong terciptanya kebersihan di Sibolga sudah dilakukan dengan banyak kontribusi. Misalnya membentuk Saka Pariwisata yang diisi anak-anak Pramuka.


"Saka Pariwisata selama ini secara rutin juga menggelar aksi bersih dan kutip sampah, dan di WCD nanti, adek-adek Saka akan kita libatkan secara maksimal," katanya.


Leader WCD Sibolga Nofi Kristanti Ndruru mengapresiasi dukungan ini. Dia juga mengaku mendukung visi agar kesadaran akan sampah menyentuh sektor hulu.


"Kalau semua sadar, misalnya buang sampah ke tempatnya, atau mengurangi penggunaan sampah plastik, atau jikapun menggunakan plastik dan sadar mengelolanya, maka masalah sampah yang pelik ini akan menemukan sendiri solusinya," kata dia.


Untuk diketahui, kota Sibolga merupakan 1 di antara 18 kabupaten dan kota lainnya di Sumatera Utara yang ikut aksi WCD 21 September pekan ini. Di Sumatera Utara, WCD menargetkan sebanyak 3 juta partisipan dalam aksi kali ini.(Mai)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...

Pages