Bupati Tapteng Tinjau Lokasi Karhutla, Imbau Warga Jangan Bakar Lahan - Layar News

Bupati Tapteng Tinjau Lokasi Karhutla, Imbau Warga Jangan Bakar Lahan

Share This

Bupati Tapanuli Tengah saat menijau lokasi kebakaran Hutan. 


Layar News - Bupati Tapanuli Tengah, Bakhtiar Ahmad Sibarani meninjau lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Desa Kampung Sebelah, Kecamatan Badiri, Selasa (17/9/2019) malam.



Bupati terlihat menaiki bukit dimana kebakaran terjadi, berjarak 200 meter dari tepi jalan.


"Saya sudah tinjau langsung lokasi kebakaran, dan hingga kini, upaya pemadaman masih terus dilakukan," kata Bupati usai menuruni bukit.


Soal pemicu kebakaran itu, Bupati menyebut masih dilakukan penelusuran lebih lanjut. Dia memastikan, kebakaran terjadi di lahan warga.


"Soal pemicu masih dicari tahu ya, tapi yang terpenting sekarang kebakaran sudah kita tangani dengan baik, dan kita berharap tidak lagi berdampak luas," ujarnya.


Dia pun mengimbau masyarakat jangan lagi membakar lahan atau hutan, agar kebakaran serupa jangan terjadi. Apalagi sampai memicu dampak buruk seperti di Riau, Pekanbaru dan Kalimantan.


"Kita sudah lihat bagaimana dampak kebakaran dan asap telah menjadi malapetaka di banyak daerah di Indonesia, jangan sampai itu terjadi di Tapteng. Karena itu saya mengimbau seluruh warga, agar jangan melakukan pembakaran sembarangan, apalagi membiarkannya meluas," tukasnya.


Sekitar 5 hektar lahan dan hutan terbakar di perbukitan Desa Kampung Sebelah, Kecamatan Badiri, Tapanuli Tengah. Sebanyak 7 unit mobil Pemadam Kebakaran dikerahkan. Saat ini pemadaman masih berlangsung.


Sekitar 3 hektar lahan terbakar sudah ditangani, meski areal kebakaran yang berada di puncak bukit sulit terjangkau para petugas akibat alat yang terbatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...

Pages