Wali Kota Terima Kunjungan Tim Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat - Layar News

Wali Kota Terima Kunjungan Tim Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat

Share This
Saat Poto Bersama 

SIBOLGA News – Wali Kota Sibolga Drs. H.M Syarfi Hutauruk, MM, didampingi Sekda Kota Sibolga, M. Yusuf Batubara, SKM, M.M, menerima Kunjungan Tim Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat (KKS), di Aula Nusantara Kantor Wali Kota Sibolga, pada Selasa (06/08/19) pagi. Kunjungan tim verifikasi ini dikarenakan kota Sibolga terpilih sebagai salah satu kota, dari 202 kabupaten/kota Indonesia yang masuk verifikasi sebagai Kota Sehat tahun 2019.

Tim Verifikasi Lapangan KKS, terdiri atas unsur Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, yang dihadiri Kabid Ketahanan Gizi, KIA, dan Kesehatan Lingkungan, Deputi Koordinasi Bidang Peningkatan Kesehatan Ratna Kusumadewi, unsur Kementerian Kesehatan RI, Sub Direktorat Penyehatan Udara Tanah dan Kawasan Direktorat Kesehatan Lingkungan, Ze Eza Yulia Pearlovie, unsur Perwakilan Bappeda dan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara.

Wali Kota dalam sambutannya menyapaikan dukungan penuh pada Program Kota Sehat, melalui komitmen kelembagaan Tim Pembina dan Forum Komunikasi Kota Sehat. “Secara bertahap tim telah melaksanakan indikator pada 2 (dua) tatanan kabupaten/kota sehat, yaitu tatanan kawasan pemukiman, sarana dan prasarana umum serta tatanan kehidupan masyarakat sehat dan mandiri, saya dukung penuh ini”, ujar Wali Kota.

“Pemko Sibolga terbuka terhadap kritik dan saran dari Tim Verifikasi Pusat, guna meningkatkan pola hidup masyarakat yang lebih baik lagi. Kami bukan ingin perolehan penghargaan, melainkan terwujudnya masyarakat dengan pola hidup sehat, itulah tujuan utama kami”, tegas Wali Kota.
Sebelumnya, Ketua Tim Pembina Kota Sehat yang juga Kepala Bappeda Kota Sibolga, Drs. Junaidi Tanjung dalam laporannya menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut atas penilaian dokumen Kota Sehat yang telah diverifikasi pada tingkat nasional. Untuk pelaksanaan penilaian lapangan, akan ditinjau langsung pada lokus yang diikuti oleh seluruh tim Pembina Kota Sehat Kota Sibolga, Forum Kota Sehat Kota Sibolga, Forum Kecamatan Kota Sibolga, dan Pokja Kelurahan se-Kota Sibolga.
Mewakili Tim Verifikasi Lapangan, Ze Eza Yulia Pearlovie menyampaikan, “kegiatan KKS yang dilaksanakan setiap 2 (dua) tahun sekali, telah berlangsung sejak 2005. Dilakukan melalui pemberdayaan masyarakat dengan dukungan Pemerintah. Keikutsertaan Sibolga sebagai salah satu peserta KKS, sangat kami apresiasi. Tim Verifikasi juga sependapat dengan Wali Kota Sibolga, bahwa tujuan akhir dari pelaksanaan KKS bukanlah penghargaan semata. Melainkan perubahan perilaku hidup sehatlah yang terutama”, ucap Eza.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kakan Kemenag Kota Sibolga, Para Pimpinan OPD, Para Camat dan Lurah Se-Kota Sibolga, Para Kepala Puskesmas se-Kota Sibolga, unsur LPM, PKK, Pengurus Forum Kota Sehat, Forum Kecamatan dan Pengurus Kelurahan se-Kota Sibolga. Pada kesempatan acara ini, Wali Kota juga memberikan Ulos dan Plakat kepada Tim Verifikasi yang hadir.(ril)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...

Pages