Sibolga - Gerak cepat Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk patut untuk ditiru daerah lain. Pasalnya setelah Presiden Jokowi menyampaikan programnya untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM) unggul, ia langsung memerintahkan dinas pendidikan setempat untuk mengusulkan anggaran ke DPRD dalam bentuk beasiswa kepada masyarakat Sibolga untuk jenjang S1-S3.

Ada pun kriteria yang berhak mendapatkan bantuan beasiswa dari Pemko Sibolga itu adalah, putra-putri Sibolga yang lulus ke Perguruan Tinggi Negeri melalui testing, tetapi kemampuan ekonomi orang tuanya tidak memadahi.

Usulan anggaran yang disampaikan Wali Kota Sibolga ke DPRD, mendapat apresiasi dan dukungan dari semua Fraksi di DPRD Sibolga. Menurut mereka, gerak cepat Wali Kota menyikapi program Presiden Jokowi patut untuk diacungi jempol.

“Kami sangat mendukung anggaran baeasiswa bagi putra-putri Sibolga yang lulus ke Perguruan Tinggi Negeri melalui testing. Dengan demikian akan lahir pemikir-pemikir handal dari Kota Sibolga yang suatu saat akan berkontribusi lebih bagi pembangunan Kota Sibolga,” ungkap Suryanti Sidabutar dari Fraksi Golkar sewaktu menyampaikan pandangan akhir Fraksi di DPRD Sibolga baru-baru ini.

Kepada ANTARA, Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk menegaskan, bahwa anggaran beasiswa bagi putra-putri terbaik Sibolga akan diperdakan, sehingga siapapun kelak menjadi Wali Kota Sibolga, anggaran itu wajib ditampung sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

Sejak terpilih menjadi Wali Kota Sibolga, program unggulannya adalah bagaimana mengubah pola pikir masyarakat Sibolga. Karena tidak dapat dipungkuri bahwa pola pikir masyarakat yang tinggal di pinggir pantai atau pesisir berbeda dengan masyarakat di perkotaan.

"Untuk mengubah pola pikir itu caranya hanya lewat pendidikan. Untuk itulah periode pertama saya, visi-misi kami adalah bagaimana memajukan pendidikan di Kota Sibolga. Dan alhamdulillah warga Sibolga sudah banyak yang lulus masuk ke perguruan tinggi negeri ternama di Indonesia ini. Dan kami juga sudah berhasil mendirikan perguruan tinggi negeri di Sibolga," katanya.

Dan terkait program beasiswa jenjang S1-S3 yang anggarannya sudah diajukan ke DPRD, menurut mantan anggota DPR-RI tiga periode itu, tidak terlepas dari dukungan dan usul dari Ketua DPRD Sibolga, Tonny Lumbantobing.

“Pada saat malam resepsi kemerdekaan, pak Ketua menyampaikan usulan itu dan langsung kita sambut. Jadi program ini sesungguhnya adalah usulan antara DPRD dan Pemko Sibolga demi mendukung program unggulan Presiden Jokowi yang melahirkan manusia-manusia handal dari Kota Sibolga yang dijuluki sebagai “Negeri Berbilang Kaum Perekat Antar Umat Beragama”.katanya.

Selain didukung legislatif, masyarakat Sibolga juga turut berterima kasih atas anggaran beasiswa tersebut. Warga berharap agar proses penyeleksian siapa yang berhak menerima beasiswa, benar-benar jujur tanpa ada kepentingan sehingga tepat sasaran.