Sibolga - Sebanyak 100 kelompok usaha bersama (Kube) di Kota Sibolga Sumatera Utara, menerima bantuan modal usaha dari Kementerian Sosial RI tahun 2019.

Untuk mengetahui teknis penggunaan bantuan usaha itu, digelarlah bimbingan teknis kepada Kube yang diikuti 300 orang peserta yang tersebar di empat kecamatan yang ada di Sibolga.

Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang membuka kegiatan Bimtek itu bersama dengan nara sumber dari Kemensos, Buyung Rachim Mosad di Gedung Nasional Sibolga, Rabu (21/8).

Ia mengatakan,  Kube merupakan salah satu pendekatan dalam rangka pemberdayaan masyarakat guna menanggulangi kemiskinan.

Diharapkan dengan adanya pemberian modal yang meliputi pemberian bantuan stimulan untuk kegiatan ekonomi produktif, pendampingan dalam merintis dan mengembangkan usaha, serta peningkatan keterampilan teknis anggota, perekonomian masyarakat meningkat.

“Pemberian bantuan kepada Kube oleh Kemensos tahun 2019 ini merupakan salah satu langkah nyata dalam membantu masyarakat di setiap kelurahan, dengan pemberian modal usaha kepada 100  kelompok Kube yang ada di Kota Sibolga. Melalui Bimtek Kube ini juga diharapkan Kube di Kota Sibolga terus berkembang dan benar-benar dimanfaatkan. Pemerintah telah maksimal memberikan bantuan kepada masyarakat, tinggal bagaimana masyarakat memanfaatkan bantuan tersebut secara maksimal." katanya.

Sebelumnya mewakili Ketua Panitia, Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin, Alam Satriwal Tanjung menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut merupakan bimbingan teknis bagi penerima manfaat Kelompok Usaha Bersama Tahun 2019.