1 September 2019, Data Statistik Sektoral Kota Sibolga Terintegrasi Secara Online - Layar News

1 September 2019, Data Statistik Sektoral Kota Sibolga Terintegrasi Secara Online

Share This
Saat Pelaksanaan Pelatihan Penggunaan Portal Satu Data Daerah Terintegrasi di Kota Sibolga (Sadar Indikasi), yang digelar pada Kamis (15/08/19) pagi


Sibolga L.N – 1 September 2019, Data Statistik Sektoral Kota Sibolga Terintegrasi Secara Online. Komitmen tersebut lahir atas kesepakatan bersama, antara Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Sibolga, dengan para penanggung jawab dan operator data seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-kota Sibolga.

pada pelaksanaan Pelatihan Penggunaan Portal Satu Data Daerah Terintegrasi di Kota Sibolga (Sadar Indikasi), yang digelar pada Kamis (15/08/19) pagi, oleh Bidang Statistik dan Persandian Dinas Kominfo Kota Sibolga, di Aula Nusantara Kantor Wali Kota Sibolga.


Plt Kepala Dinas Kominfo Kota Sibolga Hermanto Harahap, S.Ag dalam laporannya menyampaikan, “Era keterbukaan informasi publik, menuntut kemudahan akses setiap orang terhadap data pemerintah yang bersifat publik.

Menyikapi perkembangan ini, data statistik sektoral yang terintegrasi secara online pun, menjadi bagian sasaran pembangunan yang ingin dicapai oleh Pemko Sibolga, dibawah kepemimpinan Drs. H.M. Syarfi Hutauruk, MM, melalui Dinas Kominfo Kota Sibolga. Selain untuk memenuhi tuntutan pemenuhan informasi publik tersebut, juga diperlukan sebagai kebutuhan dalam perencanaan dan evaluasi pembangunan yang berkesinambungan”, terang Hermanto.

Acara yang dibuka oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, Politik dan Sosial Pemko Sibolga Drs. Charli Sinambela mewakili Sekretaris Daerah Kota Sibolga M Yusuf Batubara ini, merupakan kegiatan pelatihan bagi penanggung jawab dan operator data seluruh OPD se-kota Sibolga, terkait penggunaan Portal Satu Data Daerah Terintegrasi di Kota Sibolga (Sadar Indikasi), yang pembangunannya diinisiasi oleh Bidang Statistik dan Persandian Dinas Kominfo Kota Sibolga, yang merupakan bentuk dukungan Pemko Sibolga untuk terwujudnya Satu Data Indonesia.

Denni Aprilsyah Lubis, ST, M.Kom, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Bidang (Kabid) Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dinas Kominfo Kota Sibolga, dan sebelumnya pernah menjabat sebagai Kabid Statistik dan Persandian, yang menjadi Pemateri pada pelatihan ini, pasca pelatihan menyampaikan,

“Ketika saya masih menjabat sebagai Kabid Statistik, bersama para Kepala Seksi yang ada di Bidang Statistik dan Persandian, kami telah menginisiasi lahirnya Peraturan Wali Kota (Perwal) Nomor 28 Tahun 2018 tentang Satu Data Daerah Terintegrasi di Kota Sibolga yang disingkat Sadar Indikasi, Portal data yang hari ini dilatih cara penggunaannya, merupakan tindak lanjut dari Perwal tersebut”, jelas Denni.


“Portal Sadar Indikasi ini dalam tahap finalisasi, setiap orang dapat mengakses Portal Sadar Indikasi ini melalui alamat website : http://sadarindikasi.sibolgakota.go.id. Saat ini, setelah tadi baru selesai kami latih cara penggunaannya, teman-teman penanggungjawab data beserta operator sedang melakukan peginputan data secara online, karena sistem ini kami bangun seluruhnya bersifat online, sehingga kapan saja dan dimana saja, selagi ada fasilitas internet, setiap orang dan juga para petugas penanggungjawab serta operator data seluruh OPD, dapat mengakses Portal Sadar Indikasi ini.

Tadi bersama teman-teman penanggungjawab dan operator data seluruh OPD kita sepakat, bahwa 1 September 2019 semua sudah clear. Saya juga apresiasi semangat kerja semua teman-teman dari seluruh OPD”, tutup Denni. (ril)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...

Pages