Tips jitu mengingat materi pelajaran yang disampaikan guru di kelas - Layar News

Tips jitu mengingat materi pelajaran yang disampaikan guru di kelas

Share This

Layar News- Sebagai pelajar yang baik, sudah seharusnya memperhatikan dengan serius saat guru sedang mengajar. Tapi ada kalanya konsentrasi terganggu sehingga tak bisa mencermati pelajaran dari guru dengan baik. Supaya tak mudah lupa dan berkonsentrasi saat di kelas, ayo simak beberapa tips simpel dan bermanfaat ini:
1. Fokus pada guru
Jika guru sudah mulai mengajar, mulailah untuk fokus memperhatikan beliau. Berhenti melakukan kegiatan lain, misalnya mengobrol dengan teman, bermain handphone dan lain-lain. Berikan perhatianmu 100% pada pelajaran yang sedang diajarkan oleh guru.

2. Menebak topik belajar
Tak ada salahnya sebelum guru mulai mengajar kamu mulai menebak topik apa yang akan mulai dijabarkan. Kamu bisa mengaitkan topik pembahasan saat itu dengan topik sebelumnya. Lebih banyak pertanyaan sebelum guru memulai lebih baik karena akan akan membantumu mengerti melalui bertanya.

3. Buat catatan kecil
Saat guru mengajar, jangan diam saja jika tak mengerti. Terkadang menyela saat guru sedang mengajar adalah hal yang kurang sopan, tak ada salahnya kamu membuat catatan kecil tentang pertanyaan atau hal yang tak kamu mengerti.

4. Berkhayal
Selama guru mengajar di kelas kamu juga bisa berkhayal, tapi berkhayal tentang materi pelajaran yang disampaikan tentunya. Berangan-angan tentang materi yang disampaikan membuatmu makin imajinatif dan lebih mudah memahami sesuatu.

5. Banyak mengerjakan soal latihan
Soal latihan yang kamu kerjakan mampu mengukur sejauh mana pemahamanmu pada materi pelajaran tertentu. Banyak berlatih mengerjakan soal menentukan sejauh mana kemampuanmu di pelajaran tersebut, dan jika ada soal yang tidak dipahami bisa ditandai untuk ditanyakan pada guru keesokan harinya. 

6. Minta bantuan guru
Berlanjut dari poin nomor 5 di atas, minta bantuan dari guru hanya saat kamu sudah benar-benar tak paham dengan materi pelajaran setelah belajar ulang. Jika belum mencoba mencari jawabannya dengan sungguh-sungguh, jangan langsung bertanya. Hanya jika usahamu memecahkan soal sudah maksimal namun belum menemukan jawabannya, maka peran guru sangat diperlukan di sini.

7. Baca ulang materi pelajaran sebelum 48 jam
Ada satu cara agar para pelajar tak mudah lupa dengan materi pelajaran yang telah mereka pelajari di sekolah. Caranya adalah dengan membaca atau mengkaji ulang pelajara sebelum dua hari berakhir, karena jika 48 jam setelah belajar topik baru pelajar tak membacanya lagi maka akan cepat lupa. Selamat mencoba tips belajar ini. 
(RiL)
dikutip dari merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...

Pages