Cara membuat bakso sendiri yang mudah, enak, dan sederhana - Layar News

Cara membuat bakso sendiri yang mudah, enak, dan sederhana

Share This



Layar News - Makanan Indonesia yang tidak kalah terkenal dengan makanan luar negeri adalah bakso. Bulatan-bulatan daging yang biasa disebut pentol ini mempunyai banyak penggemar hingga mancanegara.
Mencontoh pada KBBI, bakso merupakan makanan yang terbuat dari daging sapi, udang, ikan yang dicincang dan dilumatkan bersama tepung kanji dan putih telur, biasanya dibentuk bulat-bulat.
Di Indonesia sendiri banyak macam bakso, ada yang terbuat dari daging sapi, ayam, ikan, dan masih banyak lagi. Bahkan kini bakso tidak lagi hanya bulatan daging namun bisa diisi dengan macam-macam. Bisa diisi telur puyuh, telur ayam, cabai, sambal, sosis, hingga keju.
bakso shutterstock.com

Tidak hanya isinya saja, bahkan cara penyajian bakso pun beraneka ragam, ada yang menggunakan kuah seperti biasa, ada yang dibakar, ada pula yang dipenyet dengan sambal.
Selain isi dan cara penyajian, bentuk dan ukuran bakso sangat bervariasi. Tidak hanya bulatan, banyak penjual bakso yang kemudian berinovasi ada yang kotak, berbentuk hati, hingga barbel. Memang deh, masyarakat Indonesia terlalu kreatif. Bakso bahkan menjadi makanan favorit mantan presiden Amerika, Barack Obama saat kecil tinggal di Indonesia.
Seperti makanan pinggir jalan lainnya, sejarah bakso masih menjadi misteri. Ada kemungkinan kuah dan mienya berasal dari Cina, namun pentolnya bisa saja berasal dari Belanda yang sempat menjajah Indonesia pada abad ke -19, isi bakso sisanya tidak diketahui.
Bakso pada umumnya terdiri dari kuah kaldu sapi, pentol, tahu, dan mie. Tapi berhubung semakin banyak inovasi bakso, banyak pula macam-macamnya. Cara membuat variasi bakso pun juga beraneka ragam dari cara membuat bakso urat hingga cara membuat bakso telur.
Sering kita jumpai pedagang kaki lima yang menjajakan bakso. Dikarenakan semakin ketatnya persaingan di antara pedagang, maka mereka pun berlomba-lomba mendapatkan profit tinggi. Demi mendapatkan pendapatan lebih, tidak sedikit yang kemudian memakai cara nakal. Berikut hal-hal nakal yang dilakukan oleh pedagang bakso.

Bahaya bakso dicampur boraks

Sempat geger adanya bakso yang dicampur dengan boraks dengan dalih agar lebih awet. Padahal boraks sendiri dapat menyebabkan kanker hati. Cara mengenali bakso yang menggunakan boraks mudah saja :
  • Bakso boraks mempunyai tekstur yang lebih kenyal. Bahkan jika Anda melemparkannya bakso tersebut bisa memantul dan tidak menempel pada lantai.
  • Jika Anda membeli bakso, biarkan pada tempat terbuka selama 3 hari, maka bakso tersebut masih awet, bahkan tidak ada lalat atau serangga lainnya yang hinggap atau bahkan hanya lewat di atasnya.
  • Bakso boraks cenderung lebih putih
  • Bakso boraks akan memiliki aroma yang tidak alami seperti bakso alami yang memiliki aroma daging yang khas.

Bahaya bakso tikus

Tidak hanya dengan dalih awet dengan menggunakan boraks, muncul juga bakso berbahan daging tikus dengan dalih agar mendapat untung yang lebih besar. Bakso tikus ini cenderung mudah pecah jika dibelah atau ditusuk dengan pisau. Baunya pun lebih amis. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati jika membeli bakso. Jika harganya murah atau miring, Anda patut curiga bahwa daging yang digunakan adalah daging tikus.
Nah, ngeri bukan jika ternyata bakso yang dijual di pinggir-pinggir jalan bahkan restoran ternyata menggunakan bahan yang membahayakan dan sudah pasti memberi dampak buruk bagi kesehatan tubuh kita.
Daripada mengambil risiko memakan bakso yang tidak jelas asal-usul pembuatannya, lebih baik Anda membuat sendiri. Apakah Anda penasaran bagaimana cara membuat berbagai macam bakso? Cara membuat bakso mudah saja.
Sebelum memulai, Anda putuskan terlebih dahulu akan menggunakan daging apa. Apakah Anda akan membuat bakso menggunakan daging sapi, ayam, ikan, atau udang? Tapi tenang saja, di sini kami akan menyajikan kepada Anda cara membuat bakso menggunakan daging sapi, ayam, ikan, dan udang. (RiL)
dikutip dari merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...

Pages