5 Cara Ampuh Membuat Bayi Tenang Dan Tidak Rewel - Layar News

5 Cara Ampuh Membuat Bayi Tenang Dan Tidak Rewel

Share This


Layar News - dan balita adalah masa-masa yang rentan dan membutuhkan banyak perhatian. Karena tak banyak bisa menyampaikan keinginannya, kadang mereka rewel dan menangis. 
Padahal mungkin saat itu kita sedang dalam kondisi yang tak memungkinkan. Namun jangan khawatir, Anda bisa mencoba mengatasi fase rewel itu dengan menenangkan mereka. Gunakan beberapa metode mudah ini yang bisa dilakukan di manapun dan kapanpun. 
    1.Kontak Sentuhan
    Sebuah kontak skin on skin bisa membantu anak merasakan keberadaan dan keamanan bersama kita. Kadang hal ini sangat dibutuhkan dan bisa perlahan-lahan menenangkannya. Misalnya saat dia merasa cemas, malu atau takut, kita bisa menghadapinya dengan menyentuh, menggandeng atau memeluk mereka. Jangan minta mereka berhenti bila menangis atau rewel, tapi arahkan perlahan-lahan untuk kembali tenang.
    2.Membalutkan Sesuatu
    Beberapa keluhan itu mungkin datangnya dari luar atau faktor kenyamanan. Beberapa bayi dan balita akan merasa nyaman saat tubuhnya dibalut sesuatu, seperti handuk, selimut atau kain yang hangat. Perhatikan juga suhu dan kulitnya. Meski agak dingin, kalau kulitnya lengket, mungkin mereka tidak akan suka dengan kain yang tebal.
    3.Memperdengarkan Musik
    Musik bisa membuat anak berhenti rewel, tapi jangan hanya mengandalkan musik itu. Anda perlu menyesuaikan apakah ia butuh musik yang ceria atau musik yang tenang. Jangan menggunakan suara yang terlalu besar bila ia mulai menangis dengan keras. Bujuk anak Anda dan saat mendengarkan musik, ajak dia bergerak sesuai irama lagunya.
    4.Buaian Dan Ayunan
    Buaian dan ayunan ini adalah salah satu gerakan yang membuat bayi dan balita kembali senang atau mudah tidur. Jangan terlalu mengguncang tubuhnya, karena beberapa bagian tubuh mereka masih belum sepenuhnya berkembang optimal, contohnya otak dan kepala. Lakukan gerakan yang perlahan namun mendayu dengan diiringi nyanyian atau bisikan halus yang menenangkan. Cara ini bisa mengalihkan perhatian dari kesedihannya.
    5.Pijatan
    Sebuah pijatan bisa memberikan efek relaksasi dan nyaman bagi bayi Anda. Sentuhan ibu memang punya daya yang sangat kuat dalam menenangkan kondisi anak. Pijatan lembut dan sedikit mengajak bicara dan bermain dengan kedua tangan dan kakinya akan mengembalikan gelak tawa mereka.
Kenali kebiasaan rewel anak-anak. Hal ini bisa terjadi secara alami dan sebagian besar bisa ditangani dengan tanggapan langsung dari orang tua. Namun bila berlanjut, coba cek kondisi kesehatan fisik luar dan dalam untuk memastikan penyebabnya. (RiL)
dikutip dari Fimela.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...

Pages