4 Alasan Mendengarkan Musik Saat Bekerja - Layar News

4 Alasan Mendengarkan Musik Saat Bekerja

Share This

Layar News- Ada beberapa orang yang memilih untuk bekerja tanpa mendengarkan musik karena akan membuat mereka susah berkonsentrasi. Tapi, tahukah kamu ternyata mendengarkan musik saat bekerja di kantor mempunyai manfaat yang besar terhadap pikiran kita. Berdasarkan sebuat penelitian, orang yang bekerja sambil mendengarkan musik akan lebih cepat menyelesaikan tugas dan mereka yang tidak mendengarkan musik akan cenderung melakukan kesalahan.
Berikut 4 manfaat mendengarkan musik saat bekerja:
  1. Meningkatkan Konsentrasi dan Kreativitas
Tahukah kamu kalau mendengarkan musik klasik selama 7 menit akan meningkatkan kecerdasan otak? Musik tidak diragukan lagi memang bisa digunakan untuk menambah konsentrasi saat bekerja. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pemilihan jenis musik juga sangat berpengaruh. Musik klasik bagus untuk kamu yang membutuhkan fokus dalam pekerjaan sedangkan musik pop cocok untuk mereka yang sedang dikejar deadline. Selain itu, dengan adanya musik saat bekerja, otak menjadi lebih rileks, sehingga semakin banyak ide-ide yang bermunculan.
  1. Mengurangi Stress
Manfaat positif mendengarkan lagu saat bekerja adalah menutunkan stress. Dengan mendengarkan lagu favorit, kamu bisa lebih rileks dan tidak stress. Ketika pikiran stabil dan bebas dari stress, sistem tubuh kamu juga akan stabil. Sehingga kamu akan lebih produktif dalam bekerja.
  1. Memperbaiki Mood
Berdasarkan sebuah studi, mendengarkan lagu santai bisa meningkakan kadar hormon serotonin dan dopamin. Dua hormon ini dipercaya sebagai hormon kebahagiaan dan kenikmatan di otak. Tidak banyak dari kita yang berangkat kerja dengan hati riang gembira, namun kamu tetap bisa memperbaiki mood dengan mendengarkan lagu favorit kamu. Untuk memperbaiki mood dan meningkatkan kebahagiaan, pastikan kamu memilih lagu dengan tempo yang riang dan ceria. Jangan memilih lagu sedih dan galau karena nanti kamu akan larut dalam kegalauan.
  1. Memberi Semangat dan Motivasi
Tentu saja, tujuan utama mendengarkan lagu saat bekerja adalah meningkatkan semangat dan motivasi. Bagi mereka yang terbiasa mendengarkan lagu saat bekerja akan kehilangan semangat saat bekerja dalam kesunyian. Meskipun kamu juga bukan tipe yang suka mendengarkan lagu saat bekerja, kamu bisa mencobanya untuk meningkatkan motivasi dan  semangat. Kamu akan merasakan kalau pekerjaan kamu akan lebih optimal bila bekerja sambil diiringi lagu favorit kamu.
Tentu saja pilihan musik juga menjadi salah satu pertimbangan penting karena tidak semua musik bermanfaat untuk didengarkan selama bekerja. Musik dengan lirik sebaiknya dihindari karena akan memecah konsentrasi. Pilihan musik yang paling tepat untuk bekerja adalah musik klasik atau instrumental.
Sebelum mendengarkan musik sambil bekerja, pastikan dahulu bila rekan kerja kamu tidak terganggu karena preferensi musik setiap orang berbeda-beda. Bila rekan kerja kamu memilih tidak mendengarkan musik, kamu bisa menggunakan headset agar tidak mengganggu dan tetap bisa bekerja dengan optimal.
Dengan bekerja secara optimal, maka kamu akan mendapatkan perkembangan karir yang lebih baik. Kini kamu siap untuk mencari pekerjaan yang lebih baik. Carilah pekerjaan yang kamu impikan di Urbanhire, ada lebih dari 50.000 lowongan pekerjaan yang dapat kamu lamar!
dikutip dari UrbanHire.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...

Pages