15 Buah Penurun Darah Tinggi (Hipertensi) yang Terbukti Efektif - Layar News

15 Buah Penurun Darah Tinggi (Hipertensi) yang Terbukti Efektif

Share This



Layar News- Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah salah satu gangguan yang umum ditemui terutama pada lansia. Ada banyak cara mengatasi gejala darah tinggi, salah satunya adalah dengan menggunakan buah penurun darah tinggi. Apa saja buah yang dipercaya dapat menurunkan tekanan darah?


15 Buah Penurun Darah Tinggi yang Efektif

Cara menurunkan darah tinggi menggunakan buah penurun tekanan darah tinggi dapat dijadikan pengganti obat maupun sebagai terapi pendamping. Jika Anda adalah penderita hipertensi, pilihlah buah yang tidak hanya memberikan vitamin dan mineral. Pilih juga buah yang mampu membantu mengontrol tekanan darah Anda.
Berikut daftar buah penurun darah tinggi atau hipertensi yang terbukti efektif:

1. Buah berry

Buah untuk darah tinggi yang pertama adalah buah-buahan berry.
Buah yang termasuk ke dalam jenis buah berry adalah seperti blueberry, strawberry, blackberry, raspberry, hingga cranberry.  Buah berry mengandung vitamin, mineral, serta antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk memelihara tekanan darah.
Semua jenis berry tentunya baik, namun jika Anda menginginkan yang memiliki antioksidan dalam bentuk flavonoid yang paling tinggi, maka Anda bisa memilih blueberry. Buah ini lezat dimakan langsung atau bisa Anda campurkan pada oatmeal untuk sarapan.

2. Buah bit

Buah bit adalah salah satu buah untuk menurunkan darah tinggi.
Buah yang satu ini pada dasarnya merupakan buah yang baik untuk darah karena dipercaya dapat mencegah kekurangan darah. Buah bit juga dipercaya sebagai buah penurun darah tinggi berkat kandungan senyawa nitrat yang ada di dalamnya.
Buah bit bisa disantap dengan berbagai cara mulai dari dibuat salad hingga dipanggang. Cara paling populer dan baik untuk menjaga kandungan buah bit adalah dengan cara menghancurkan buat bit dengan blender, kemudian meminum air perasan buah bit yang sudah dihancurkan tersebut.

3. Kiwi

Buah penurun darah tinggi selanjutnya adalah kiwi.
Buah kiwi memiliki berbagai kandungan yang mineral yang dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah seperti kalium, kalsium, dan juga magnesium. Selain itu, buah kiwi juga merupakan buah yang kaya vitamin C sehingga sangat baik untuk menjaga ketahanan tubuh.

4. Pisang

Sama seperti kiwi, pisang juga merupakan buah yang memiliki kandungan kalium, magnesium, dan kalsium.
Kandungan kalium atau potassium dalam pisang bahkan lebih tinggi. Berkat kandungan kalium yang cukup tinggi ini lah pisang menjadi buah yang cocok untuk dapat menurunkan kadar tekanan darah.

5. Jeruk

Buah penurun tekanan darah tinggi selanjutnya adalah jeruk.
Jeruk merupakan buah yang akan akan vitatim C dan vitamin A. Buah jeruk juga memiliki kandungan yang cukup tinggi. Selain dapat menurunkan tekanan darah, konsumsi jeruk secara rutin juga dapat memelihara kesehaan Anda secara menyeluruh.

6. Alpukat

Alpukat dikenal sebagai buah yang memiliki kandungan lemak tinggi.
Meskipun begitu lemak yang ada dalam alpukat merupakan lemak yang baik bagi tubuh. Alpukat juga memiliki kalium yang tinggi sehingga masuk ke dalam daftar buah penurun darah tinggi. Kandungan terbaik buah aplukat terdapat pada bagian buah yang dekat dengan bagian kulitnya.

7. Melon

Melon juga termasuk salah satu buah penurun tekanan darah tinggi yang enak dan efektif.
Kandungan melon dikenal tinggi potassium atau kalium. Melon juga mengandung zat lain yang baik bagi tubuh mulai dari vitamin A. vitamin C, zat besi, vitamin B5, magnesium, kalsium, dna juga serat.

8. Anggur

Anggur juga dikenal sebagai buah yang baik untuk kesehatan, khususnya sebagai buah untuk darah tinggi.
Selain dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, anggur juga dipercaya sebagai salah satu buah penurun darah tinggi. Kandungan kalium dalam anggur dipercaya dapat menekan kelebihan natrium dalam tubuh yang menjadi penyebab hipertensi.

9. Semangka

Semangka mengandung senyawa L-citrulline yang dipercaya dapat membantu relaksasi pembuluh darah, sehingga baik digunakan sebagai obat penurun darah tinggi. Selain mengatasi hipertensi, semangka juga dipercaya baik untuk penderita anemia.

10. Nanas

Buah untuk menurunkan darah tinggi selanjutnya adalah nanas.
Buah nanas memiliki kandungan enzim bernama bromelain. Enzim ini memiliki khasiat untuk menangani peradangan dan sering ditemukan di beberapa jenis obat. Tapi selain mengatasi peradangan, bromelain ternyata juga memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah.

11. Tomat

Tomat juga masuk ke dalam daftar buah untuk darah tinggi karena memiliki kandungan kalium yang tinggi.
Tomat juga memilki kandungan likopen yang banyak manfaatnya bagi tubuh yaitu untuk menurunkan kolesterol, mencegah penyakit kanker, dan memelihara kesehatan jantung.

12. Delima

Delima adalah salah satu buah yang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.
Delima ternyata juga merupakan buah penurun darah tinggi. Kandungan kalium dan juga polifenol dalam delima membuatnya mampu menurunkan tekanan darah sekaligus menjadi antioksidan bagi tubuh.

13. Pepaya

Buah pepaya merupakan buah yang baik dikonsumsi setiap hari karena baik untuk saluran pencernaan.
Konsumsi pepaya secara teratur ternyata juga bisa membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan potassium atau kalium dalam buah pepaya sangat tinggi bahkan bisa dikatakan lebih tinggi dari melon dan tomat.

14. Mengkudu

Buah mengkudu memang memiliki aroma yang sedikit menyengat, tetapi buah yang satu ini juga sudah terkenal sebagai salah satu buah penurun darah tinggi.
Mengkudu banyak mengandung vitamin, mineral, dan beberapa senyawa lain yang mampu menjadi antioksidan bagi tubuh. Sebuah penelitian juga sudah menunjukkan manfaat buah mengkudu untuk menurunkan tekanan darah.

15. Aprikot

Buah untuk menurunkan tekenanan darah tinggi yang terakhir adalah aprikot.
Anda bisa menikmati aprikot dalam bentuk buah kering. Kandungan potassium atau kalium dalam aprikot jumlahnya tiga kali lipat dari buah pisang, lho!
Itu dia 15 buah yang bisa membantu Anda menurunkan tekanan darah. Namun tentunya tidak semua tekanan darah tinggi dapat diatasi hanya dengan buah-buahan saja. Jika Anda mengalami gejala tekanan darah seperti sakit kepala, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan terapi obat juga.
Selain mengonsumsi buah penurun darah tinggi, penderita hipertensi juga disarankan untuk menghindari makanan seperti makanan dengan kadar garam tinggi, makanan kalengan, makanan dengan kadar gula yang tinggi, dan minuman ringan. (RiL)
dikutip dari Doktersehat.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...

Pages