BUKA PRA MUSRENBANG DAN RKPD, WALIKOTA SIBOLGA DORONG OPD HADIRKAN PROGRAM PRO RAKYAT - Layar News

BUKA PRA MUSRENBANG DAN RKPD, WALIKOTA SIBOLGA DORONG OPD HADIRKAN PROGRAM PRO RAKYAT

Share This

 laporan : Sukriadi Tanjung



Walikota Sibolga Drs HM Syarfi Hutauruk MM bersama Wakil Walikota Sibolga Edi Polo Sitanggang dan Sekda M Yusuf Batubara pada forum Pra Musrenbang Kota Sibolga Tahun 2020



Sibolgs - Wali Kota Sibolga Drs HM Syarfi Hutauruk membuka secara resmi Pra Musyawarah Pembangunan Daerah (Pra Musrenbang) dan Rencana Kerja Pemerinrah Daerah ( RKPD) Kota Sibolga Tahun 2020 yang dilaksanakan hari ini, Rabu (6/3) di Graha Aulia Bank Indonesia.

Walikota Sibolga sesaat sebelum membuka Pra Musrenbang dan RKPD ini dalam sambutannya mengatakan bahwa Pra Musrenbang adalah media mengambil hal pokok yang paling mendasar dari usulan-usulah pembangunan dari kelurahan dan kecamatan yang telah dirumuskan.

"Pra Musrenbang ini harus bisa menghasilkan rencana pembangunan skala prioritas sehingga nantinya bisa difinalkan pada saat Musrenbang 13 Maret 2019 nanti," papar Walikota.

Selain usulan-usulan pembangunan dari kelurahan, kecamatan, Walikota Sibolga juga meminta agar beberapa agenda penting menjelang pilkada Kota Sibolga juga harus diperhitungkan dengan baik.

Pemerintah Kota Sibolga kata M Syarfi akan terus berusaha dengan maksimal untuk mewujudkan pembangunan Kota Sibolga yang tepat sasaran.

Para pimpinan OPD lanjut Syarfi harus dapat menganalisa segala kemungkinan dalam menyusun rencana anggaran. Ia meminta ada alternatif pilihan dalam penyusunan anggaran yang disesuaikan dengan perkembangan yang ada.

"Rencana anggaran yang disiapkan itu harus ada alternatif. Kalau sama dengan tahun sebelumnya berapa nilainya, kalau naik berapa nilainya atau kalau kurang dari tahun lalu bagaimana peruntukkannya" beber Syarfi.

"Jadi jika ada perubahan dalam struktur anggaran, OPD bisa langsung siap menyesuaikan," katanya.

Kesempatan Pra Musrenbang ini juga dimanfaatkan Walikota Sibolga untuk menyampaikan capaian pembangunan di Kota Sibolga meliputi Smart city, infrastruktur, Sarana pendidikan, pelayanan kesehatan meliputi BPJS dan sarana dan prasarana.

Meskipun ada capaian, Walikota Sibolga juga mengakui ada target pembangunan yang tidak tercapai dengan maksimal khususnya dalam peningkatan ekonomi masyarakat.

Hal itu lanjut Syarfi dikarenakan adanya regulasi pemerintah pusat yang berdampak ke daerah.

"Oleh karena itu saya mau semua OPD bersinergi dan berdebat dengan baik pada forum Pra Musrenbang ini. Masing-masing sampaikan ide dan gagasannya, berdebatlah dengan sehat sehingga akan lahir program yang benar-benar bersentuhan dengan masyarakat. Karena tujuan pemerintahan adalah melayani publik bukan melayani privated atau sekelompok orang saja," pungkasnya.

Pra Musrenbang dan RKPD Pemko Sibolga ini berlangsung selama 2 hari yaitu tanggal 6 dan 8 Maret 2019.

Musrenbang dan RKPD tahun 2019 ini diikuti oleh seluruh dinas instansi pemko Sibolga. Selain Wakil Walikota Sibolga Edi Polo Sitanggang, dan Sekda Kota Sibolga M Yusuf Batubara, hampir seluruh pimpinan OPD hadir diantaranya; Inspektur Yahya Hutabarat, Kadis Perindag Robinhot Panjaitan, Kadis BPKPAD Sofyan Nasution, Kadis Sosial Amir Bahsyan Laoli, Kadis Kesehatan Firmansyah Hulu, Kepala BKD Amarullah Gultom dan Kabag Umum Rahmat Tarihoran, ST.
(ril)








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...

Pages