120 QARI- QARIAH, WALIKOTA SIBOLGA BUKA MTQ IX SIBOLGA SAMBAS - Layar News

120 QARI- QARIAH, WALIKOTA SIBOLGA BUKA MTQ IX SIBOLGA SAMBAS

Share This








Walikota Sibolga Drs HM Syarfi Hutauruk memukul bedug sebagai tanda dimulainya MTQ IX Tahun 2019 tingkat Kecamatan Sibolga Sambas.
Sibolga  -  Walikota Sibolga Drs HM Syarfi Hutauruk membuka secara resmi Mushabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-9 tahun 2019 tingkat Kecamatan Sibolga Sambas yang digelar hari ini, Senin (4/3/2019) di Jl R Suprapto, Kelurahan Pancuran Kerambil, Kota Sibolga.

Ketua panitia penyelenggara MTQ, Wahidin dalam laporannya menyampaikan bahwa MTQ IX tahun 2019 ini dilaksanakan selama dua hari sejak tanggal 4-5 Maret 2019.

Selain Mushabaqah Tilawah Al Qur'an, MTQ kecamatan Sambas ini juga menggelar Festival Seni Qasidah (FSQ) tahun 2019.

Total seluruh qari-qariah yang ikut bermushabaqah pada MTQ ini berjumlah 120 orang yang berasal dari 4 kafilah yaitu Kafilah Kelurahan Pancuran Kerambil, Kafilah Kelurahan Pancuran Bambu Kafilah Kelurahan Pancuran Dewa dan Kafilah Kelurahan Pancuran Pinang.

Sementara itu, Camat Sibolga Sambas Ahmad Yani Nasution dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi atas tingginya partisipasi warga khususnya pada pawai ta'aruf yang digelar siang harinya.

"Menurut hemat saya, animo masyarakat sangat tinggi khususnya dari saudara-saudara kita yang Nasrani dengan Sipir Ni Tondi-nya. Terimakasih atas partisipasinya," kata Camat Sibolga Sambas.

Walikota Sibolga Drs HM Syarfi Hutauruk sesaat sebelum membuka MTQ ini mengajak para camat sekota Sibolga untuk menciptakan situasi yang kompetitif pada penyelenggaraan MTQ tahun 2019. Persaingan dalam rangka melahirkan sesuatu yang terbaik mutlak diperlukan untuk melahirkan kualitas penyelenggaraan MTQ yang baik.

Syarfi juga mengajak warga untuk memasukkan anak-anaknya ke madrasah atau sekolah yang didalamnya diajarkan Al Qur'an.

Dengan demikian, kedepan akan lahir generasi muda bangsa yang qurani yang hati dan sanubarinya selalu tertanam nilai nilai Al Qur'an.

Secara umum Walikota berharap umat muslim Kota Sibolga senantiasa menjaga kedamaian. Islam sebagai Rahmatan Lil Alamin harus tercermin dalam kehidupan sehari-hari.

"Aksi sekolompok orang yang mengatasnamakan agama dengan menyebar teror bukanlah cerminan Islam yang benar. Islam itu membawa kesejukan, kedamaian dan menjadi rahmat bukan cuma pada manusia  tetapi juga alam dan lingkungan" ungkap Syarfi.

"Jangankan sama manusia, sama semut saja kita harus peduli. Maka teror-teror yang dilakukan atas nama agama bukanlah pengamalan islam," tambah Syarfi.

Oleh karena itu dalam rangka mengembalikan semangat keislaman dan membumikan Al Qur'an dalam kehidupan bermasyarakat Syarfi mengatakan MTQ adalah salah satu media yang difasilitasi oleh pemerintah untuk mewujudkannya.

"Jadi, salah satu tujuan penyelenggaraan MTQ ini adalah itu," ungkap.Syarfi merujuk pada maksud dan tujuan MTQ secara nasional.

Selain walikota  Sibolga, turut hadir pula pada pembukaan ini Sekda Kota Sibolga M Yusuf Batubara, asisten II Hendra Darmalius, Inspektur Yahya Hutabarat dan Kadis Parpora Haslan Efendi.

Juga terlihat hadir diacara caleg DPRD Provinsi Sumatera Utara Muhammad Thoib Hutagalung, caleg DPRD Kota Sibolga dapil 2 diantaranya H Wandana Simatupang Lc, Syarifuddin Lubis dan Albar Sikumbang.

Pasca ceremonial pembukaan MTQ IX tingkat kecamatan Sibolga Sambas malam ini dilanjutkan dengan Mushabaqah Tilawah Al Qur'an golongan dewasa putra dan putri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...

Pages