Sambut Hari Pandu sedunia, Kwarcab Kota Sibolga gelar TOT Bersama KPK RI - Layar News

Sambut Hari Pandu sedunia, Kwarcab Kota Sibolga gelar TOT Bersama KPK RI

Share This
Wali Kota Sibolga saat membuka dengan resmi acara TOT 

Sibolga - Walikota Sibolga   Drs HM Syarfi Hutauruk secara resmi membuka Training of Trainer (TOT) Pendidikan Anti Korupsi Tahun 2019 hari ini, Jumat (22/2) di Aula Nusantara Kantor Walikota Sibolga, Jl Dr Sutomo 26 A Sibolga.

ToT ini dilaksanakan oleh Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Sibolga dan diikuti oleh 65 orang anggota pramuka tingkat penegak se-kota Sibolga.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Sibolga, Amarullah Gultom kepada layarnews.com menceritakan bahwa ToT Pendidikan Anti Korupsi rutin dilaksanakan oleh Gerakan Pramuka sejak tahun 2009.

ToT ini dilaksanakan sebagai upaya memutus mata rantai korupsi di Indonesia juga untuk memberi pemahaman kepada generasi muda bahaya korupsi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Kita tentu berharap, adik-adik yang mengikuti ToT ini kelak menjadi penyambung lidah KPK untuk mensosialisasikan bahaya korupsi bagi kawan-kawannya dan masyarakat," kata kepala BKD Sibolga ini.

Sementara itu Walikota Sibolga dalam sambutannya memberikan apresiasi atas pelaksanaan ToT Pendidikan Anti Korupsi yang digelar oleh Pramuka Kwarcab Sibolga.

Ia berharap peserta ToT dapat menimbah ilmu pengetahuan dari kegiatan tersebut khususnya mengenai tindak pidana korupsi.

"Bukan hanya itu saja, meskipun adik-adik pramuka belum jadi pejabat negara, belum mengelola uang negara, praktik praktik korupsi itu secara tidak sadar sudah kita lakukan, seperti mencontek, naik motor tidak pakai helm dan lain sebagainya. Perilaku seperti ini adalah cikap bakal menjanurnya budaya koruptif bagi diri kita," terang Syarfi Hutauruk.

Ia pun berharap anggota pramuka menjadi pioner dalam menyuarakan bahaya korupsi bagi bangsa Indonesia.

"Narkoba itu memiskinkan diri dan keluarga kita, tetapi korupsi memiskinkan seluruh rakyat Indonesia," pungkasnya.

ToT Pendidikan Anti Korupsi ini menghadirkan narasumber dari Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK RI Jakarta, Benydictus Siumlala MS dan Kristiyanti dari direktorat yang sama.

Materi pokok dalam ToT ini meliputi kreteria korupsi dalam presfektif UU, Perilaku Koruptif serta tugas dan fungsi KPK RI.

Selain Walikota Sibolga turut hadir mendapingi wakil walikota Sibolga, Edi Polo Sitanggang, Wakabinawasa Kwarcab Sibolga Roslina Harahap dan sejumlah pengurus kwarcab lainnya.(ril.sisikota.com)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...

Pages